Minggu, 01 Desember 2013

Priority & Preparation



1.    Priority & Preparation
s   Medan Monday, 2nd December 2013.
s
Priority adalah Prioritas yang disadur dari Bahasa Inggris. Tentu saja Indonesia kaya, karna selalu terbuka untuk menerima hal hal baru diluar tubuh kita. Termasuk kaya karna dengan ‘legowo’ menerima saduran dari beberapa bahasa asing untuk mempengaruhi pola berfikir kita dengan tujuan menjadi lebih baik meski tanpa disadari bahwa kita telah mengikuti beberapa pola yang buruk dan bukan yang baik.  

Tapi tulisan ini bukan untuk mengupas hal hal semacam itu, mari kita berbicara hal hal positif saja agar hidup kita selalu positif.  

Prioritas merupakan makna dari menentukan hal yang paling penting dalam kehidupan, untuk jangka pendek dan jangka panjang. Prioritas bisa dengan mudah ditentukan jika hati & Fikiran sudah menuju ke satu titik, tidak galau lagi (bingung.red).
“Omong-omong, galau itu disosialisasikan oleh siapa ya?”

Itu makanya ada perkataan :
“Lebih cepat lebih baik”  
 “Semakin jelas pandangan semakin tajam Visi yang dimiliki.”  
 “Semakin cepat tindakan semakin banyak misi yang terselesaikan.” 
"Semakin banyak kegiatan, semakin banyak yang terselesaikan."
"Semakin baik persiapan, semakin semakin dekat dengan kesuksesan."
“Semakin jelas dan terarah hidup kita, semakin cepat kesuksesan kita.”   

Sehingga misi atau rencana jangka pendek dapat ditetapkan dan dilakukan. Jika tidak mampu tegas memutuskan maka tindakan juga akan lama dilakukan.
Semua butuh proses dan tahapan tahapan kan? Maka, jangan izinkan kemacetan itu bertahan lama. Jika perlu mengklakson maka ya klaksonlah, emosi adalah alat bantu untuk mencapai kebahagiaan itu. Jadi, gunakanlah apa saja yang dianugrahkan Allah dengan maksimal.

Tidak ada yang seketika saja didapat, jikapun memang ada (karna saya pernah mendapatkan begitu saja hal-hal yang tidak terduga bahkan tak terfikirkan) bukankah lebih baik kita berusaha menggunakan akal fikiran dengan maksimal dan tidak manja dengan Allah?  Itu menurut saya, maaf saja jika tak sepaham.

Percaya atau tidak, perencanaan itu penting sekali. Selain dari rasa Tawakal dan Ikhlas dengan takdir yang ditelah ditentukanNya. Tapi sebelum takdir itu terungkap, kita harus dan berkewajiban untuk berusaha keras, berusaha cerdas, berusaha terus berusaha sampai takdir itu terungkap. 

Mengeluarkan Potensi terbaik diri juga merupakan Jihad. Karna dengan begitu, kita tidak menjadi Hamba Yang Lemah tetapi Kuat dan Menguatkan. Takkan mungkin kita bisa menguatkan orang lain (konon lagi bermanfaat seperti pencipta google, facebook dll) jika kita saja belum bisa berfikir kuat dan bertindak cekatan.

Jika hanya hambatan yang ditemukan maka itu hanyalah batu lompatan agar kita semakin dewasa dan matang dalam berfikir. Itu saja. Teruslah fokus pada solusi. Agar kita dapat melihat suatu masalah dari 4 sisi atau bahkan dari 7 Dimensi, atau berapapun saja, semakin dalam terkupas akan semakin baik insyaAllah. 

Disinilah Manfaat dari bersujud, mencegah migraine dan mencegah kesombongan diri kepada Allah selain menambah kecerdasan dan mencerahkan wajah. Islam tak perlu ganteng dan cantik, karna kita semua menjadi lebih indah dengan bersujud. Dengan bersujud saja, segala kebutuhan tercukupi. Luarbiasa sekali anugrah islam. Dari Allah untuk kita, hamba hambaNya yang suka membangkang dan menunda shalat.

Masalah itu merupakan Anugrah yang dapat dipecahkan dengan berfikir sendirian atau bersama. Maka, jangan malu untuk berdiskusi atau jangan salah mencari teman mengobrol. Perjudian itu tidak hanya ditempat judi, tapi, salah bertanya merupakan perjudian yang paling fatal dan merugikan. Tidak semua omongan orang dapat kita dengar, tetapi ada hal hal baru dan merupakan kebenaran disatu sisi yang harus kita terima dari mereka.

Kapasitas seseorang mempengaruhi cara berfikirnya, sehingga, jika kita bertanya pada orang yang salah maka jawaban itu juga akan salah. Jika kita hanya mengandalkan isyarat Allah dan menunggu dengan pasif segala jalan keluar, itu artinya kita sedang manja dan menunggu dipermainkan ombak kehidupan yang liar.

Jika kita tau bahwa setiap orang berbeda dan kita sangat mensyukurinya, maka kita juga pasti tau bahwa setiap orang memiliki kapasitas yang berbeda pada bidangnya.  Sehingga tentu saja, kita bisa bertanya dan belajar langsung pada ahlinya. Maka saudaraku, jangan bertanya tentang dunia kepada ahli akhirat. Karna, jawabannya sudah pasti salah..   
So, Lets learn from the best.

Tetapi, nilai nilai keimanan dan moral islam itu diperlukan agar tidak salah jalan, tidak salah langkah, tidak salah dalam memutuskan sesuatu. Islam itu kuat, maka bantulah diri sendiri sebelum dapat membantu orang lain.

Itu tadi sedikit tentang Prioritas. Lalu bagaimana dengan Preparation. Hahaha jujur aja, saya memang bukan ahlinya tapi semoga dengan berusaha membantu saya juga ikut terbantu didunia dan akhirat. Well, Dalam memutuskan atau menyelesaikan masalah kita memang membutuhkan fikiran yang jauh lebih tenang dari biasanya.
Dan setiap orang tentu tau bagaimana cara mendapatkan ketenangan itu.

Kemudian Langkah yang harus ditempuh untuk sebuah persiapan. Awal dari persiapan adalah keinginan yang kuat. Karna tanpa keinginan yang kuat segalanya takkan terjadi. Jika masih ragu, maka jalan keluar belum akan terbuka. Seperti keinginan saya dan kamu dan kita semua untuk selalu menjadi lebih baik. Hal kedua adalah imajinasi.

Kekuatan imajinasi atau bayangan tentang masa depan adalah merupakan hal yang paling penting dan bernilai tinggi. Karna apa yang kita fikirkan itu seringkali terjadi. Maka, berhati hati dalam membayangkan masa depanmu, dan jangan terpengaruh dengan fikiran fikiran sempit orang lain. Misalnya: Jika saya ingin membuat Café Buku, Maka saya terus memikirkannya meski tidak selalu langsung mendapat jalan keluar tetapi beberapa tahun setelah itu, jalan itu selalu akan terbuka sedikit demi sedikit. Kenapa, karna apa yang kita fikirkan, apa yang kita pendam akan terus menggumpal dan menjadi kenyataan. Jadi yakinlah, bahwa Allah memberikan sesuatu tepat pada waktunya. Bukan tidak mengabulkannya. Ingat ya, jangan lemah.

Semakin kita yakin, semakin mudah keyakinan itu mendatangi kita. Dan semakin kita tau bahwa kita bukan Tuhan maka kita akan semakin mempertajam keyakinan dan alas an atas keinginan keinginan itu. Mulai dari, kenapa kita menginginkan hal tersebut, apa cara yang dapat kita tempuh, apa manfaatnya untuk kita, dan bagaimana cara mendapatkannya tanpa merusak hal hal yang harus kita selesaikan dan seterusnya. Semakin tajam dan yakin keinginan itu, maka kemudahan akan selalu terbuka.

Jadi, yakinlah agar mudah untuk mempersiapkan segala sesuatu.

Kemudian Bersungguh-sungguh. Keyakinan tanpa kesungguhan rasanya Nol. Atau hanya merupakan 30% kesuksesan, karna mudah berhenti ditengah jalan. Hal ini yang membuat orang banyak bertanya kenapa keinginannya belum tercapai, itu tentu saja karna kesungguhan kita belum ada. 

"Jika berjalan jangan menoleh kesamping, jika memutuskan sesuatu jangan melihat kebelakang" - Ari Hayati Daud. 
Maka bersemangatlah, karna Manusia Manusia sukses adalah orang yang bervisi misi tajam, dan bersemangat dalam melakukan segala tindakan dengan konsisten dalam jangka waktu yang lama. jadi, Teruslah bertahan dengan lama menghadapi kehidupan dan perjuangannya. Jangan berhenti Jangan Menyerah, tetap berusaha hingga takdir itu terungkap. Fokuslah pada Solusi, meski kecil. Allah menilai usaha usaha kita. 

Jadi, jangan putuskan apapun jika belum yakin, dan jangan yakinkan diri untuk memutuskan sesuatu jika hati dan logika belum bersinergi mencapai mufakat. Hal itu hanya akan menciptakan peperangan pada diri sendiri. Dan itu tidak adil bagi dirimu dan orang lain yang menyayangimu; baik itu teman, lingkungan, orangtua. 

Jangan pernah menyalahkan Allah ya…. 
Allah selalu Luar Biasa dalam keMaha an Nya dengan 99 sifat Nya.

Untuk tehnik persiapan, tidak akan ditulis dijudul ini.   
Salam sukses selalu, Dari Indonesia Untuk Indonesia. 
Semoga berbahagia di December 2013. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar