Senin, 23 Desember 2013

Pembukaan Pesantren Kilat Miftahussalam Medan



Pembukaan Pesantren Kilat ke-16
Friday, 18 Juli 2013.

Total peserta 485 orang yang tergabung untuk SMP, SMA, SMK & MTS. Dibagi beberapa sesi.

“Mudah mudahan para instruktur bisa mentransfer sedikit suasana di Gontor kepada Anggota.” Kata kepala Sekolah MTS Miftahussalam, lalu bercerita tentang kisah spiritual. (Info: Sekolah ini dahulunya didirikan oleh Almarhum Syihabuddin syah, Tokoh terkenal di masanya, yang diamanahkan oleh Allah ilmu Tauhid dan Tasawuf)

“Hakim Al Ahsyam ingin haji dan berangkat, lalu berkata: ” Ayah akan berangkat haji.” Kepada anak-anak nya.
Lalu anak-anak nya menangis “Bagaimana dengan kami?”
Anak putrinya berkata “Pergilah wahai ayah, ada zat yang Maha Pemberi Rezeki.”

Suatu ketika mereka kelaparan dan  anak perempuan tersebut dimarahi keluarganya, lantas ia berdoa “Ya Allah janganlah buat malu hamba.” Kemudian ada seorang penguasa berhenti dalam perjalanan, haus dan meminta air. Prajurit pergi mengambil air. Lalu sabuk emas diletakkan kedalam bejana. Dan sang prajurit prajurit juga melakukan hal yang sama, untuk diberikan kepada keluarga Hakim Al Ahsyam.

Anak perempuan tersebut menangis, “Kalaulah makhluk melihat kita lalu dia mencukupi kebutuhan kita, bagaimana jika Allah yang melihat kita?”
Jadi anak anakku menjadi sufi tidak harus tua, anak anak muda seperti kalian juga harus bisa. Usahakan agar Allah melihat kalian, melihat kepada kita. Perbanyaklah berdoa, meminta. Jangan pernah berbuat maksiat, karna hanya Allah yang Tau dosa dosa kita, kemaksiatan kita.

Yasin 21: Bulan ramadhan untuk ikhlas berbuat kepada Allah, siapa tau 11 bulan yang lalu banyak kita lakukan amalan yang tidak ikhlas. Agar, Allah mengampuni kita.

Kami tidak mempersiapkan masa depan kalian, tapi kami mempersiapkan kalian untuk masa depan.

Lalu dilanjutkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Harian Yayasan Miftahussalam, Prof.Dr.Ir.H.Bustami Syam, Msc.

Jika Ramadhan itu Excellent, maka puasa itu Excellent.
Jika bertakwa menjadi sasaran, maka dari hari pertama disiapkan.
Jika wanita jadi cantik, yang berisi (gendut) jadi kurus.
Maka itu adalah manfaat langsung, ada lagi manfaat tidak langsung.

Apakah pimpinan itu selalu bertakwa? Tidak juga. Karna banyak leader leader kita yang masuk penjara. Lalu siapakah yang wajib kita ikuti ? Nabi Muhammad Saw.
Seorang leader harus diisi, paling tidak dua hal. Nabi Muhammad pernah dibedah dan diisi dengan hikmah. Leader itu, student today and leader tomorrow.

1.       Nabi Muhammad Saw dibekali ilmu. Ilmu yang tiada pernah berhenti. Umurnya 40 tahun, pernah menjadi Rasul dan diberi ayat iqro..
Pendidikan seumur hidup yang diterapkan ilmuwan telah diterapkan Nabi Muhammad Saw sedari dulu.

2.       Logis
3.      Soft skill, Percaya Diri.
4.      Empati
Disinilah pentingnya Pesantren kilat ini, tidak selamanya kita bisa hidup dengan fasilitas yang lengkap. Disinilah kita latih supaya tahan banting.

Bapak Henri Siregar, Perwakilan Gubernur Sumatra Utara

Demi bermuatan iman & bermuatan teknologi di dalam fikirannya, saya menyambut baik dalam kegiatan ini karna dengan adanya ini dapat membuat peserta menjadi lebih mencintai Ramadhan. Saya berharap, acara ini dapat meningkatkan nilai nilai pemahaman terhadap islam.

Karna dihari hari yang lalu kegiatan kegiatan seperti ini berjalan seperti biasa tanpa pemaknaan. Sehingga saya berharap agar ramadhan kali ini dapat memberi pemahaman yang lebih dalam lagi agar dapat memperbaiki kualitas dan kuantitas dirinya sehingga menjadi remaja yang semangat meraih mimpi.

Saya menghimbau agar kalian dapat berjuang terus memperbaiki diri agar dapat member sumbangsih besar dikemudian hari terhadap masyarakat.

Saya dorong untuk membekali diri dengan ilmu dan teknologi agat tidak menjadi pecundang namun pemenang. Religious dan berkompetensi tinggi sehingga nanti dapat melanjutkan misi pemerintah Medan yaitu Mensejahterakan Kota Medan.

Bismillahirrohmanirrohiim,
Pesantren kilat ke – 16 ini kita buka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar