Kamis, 31 Oktober 2013

Tips Belajar

Medan Friday, 1 November 2013.

Sepertinya, aku harus lebih banyak bersyukur lagi. Mengingat limpahan karuniaNya yang tak terhingga, tak terbilang, tak terhitung. Luarbiasa cinta Allah kepada hamba hambaNya. Salah satu caraku untuk bersyukur dengan berbagi, meski sederhana. Disini akan kubagi tips belajar yang semoga dengan adanya tulisan ini bermanfaat bagi yang belum dan memperkaya bagi yang sudah menemukan cara belajarnya.

Awalnya gak percaya diri buat nulis beginian, karna toh semua orang memiliki cara belajarnya masing masing. Tapi ya, karna kejadian dikampus dua hari yang lalu, akhirnya kuberanikan diri untuk menulis tips belajar cepat dan efektif. Kejadian dikampus yaitu, aku pindah kampus dan pindah jurusan, begitu masuk langsung ujian mid. Blank. Jangankan baca materi, nulis materi pun belum pernah. Bahkan judul judul materi nya aja aku ga tau. Akhirnya, kuminta waktu 10 menit untuk baca diluar, meski akhirnya diberi waktu tambahan 30 menit sama dosen nya untuk baca materi, dan Alhamdulillah benar semua kecuali satu hehehe.. itu pun karena memang soal yang satu itu gak kujawab, jadi, gak mungkin benar kan ? whahahha.. Sedangkan, teman ujian ku yang udah mengikuti ujian ulang mid, malah gak memuaskan hasilnya. Malah hasil olah kata ku dipuji dan dibandingkan dengan dia, jadi gak enak deh perasaan, padahal dia rela berbagi buku catatannya denganku. Maka, kuputuskan untuk berbagi, meski sederhana, mungkin ada teman teman lain seperti temanku itu yang paham namun tak bisa menjelaskan kepahaman nya dalam bentuk tulisan.

Tehnik mengingat cepat ini salah satu nya kudapat dari magang di IDS (International Design School) sewaktu  tahun ketiga kuliah di Jakarta. Padahal, kampus kami gak mewajibkan magang karna pelajaran kami didominasi oleh pekerjaan lapangan (Tehnikal) tapi, aku nya aja yang terlalu rajin magang meski cuma berhasil bertahan selama 2 Minggu. (Kecapean)

Here we go,
Satu: Cara Menulis Penjelasan dari Guru Besar, Dosen, Syeikh, E-Book, apa aja dah. Tulis inti topik/Tema nya saja. Lalu kembangin sendiri dengan bahasamu yang mudah diingat, gak usah panjang. singkat aja. Terakhir, bisa juga dengan Tehnik MIND MAP. Atau berbentuk bagan bagan. Tetap tulis inti nya aja. dengan satu kata atau satu siimbol.

Kedua: Cara Baca/Menghafal: Di imajinasikan, dikhayalkan dengan simbol simbol yang bisa memudahkan dalam mengingat. Biasanya dengan simbol orang atau benda yang terdekat dan tidak asing dengan kehidupan kita. Atau, dengan hal hal lucu. Karena, biasanya hal hal lucu lebih mudah diingat oleh otak kita. Termasuk menyehatkan.

Ketiga: Cara Menulis di Ujian. Dikarang sesuai imajinasi atau pemahaman. Hal ini juga bisa merangsang otak selalu kreatif. Jangan lupa makan coklat sebelum belajar, karna coklat dapat merangsang otak berfikir kreatif..

Terakhir, niatkan menuntut ilmu karena Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar