Rabu, 23 September 2015

Mesir itu seperti apa sih ?

Beberapa hari lalu ada teman dari Jawa yang bertanya, Mesir itu seperti apa sih Ry? Pertanyaan sederhana yang membutuhkan jawaban panjang biasanya menarik untuk dijadikan tulisan. Jawabanku waktu itu, ya mesir itu tempat yang banyak syekh nya, padang pasir, gurun, banyak debu, banyak tempat bersejarah, negri para Nabi. Seharusnya aku menjawab lebih detail dan lengkap. Tapi jawabanku saat itu hanya sederhana saja, semoga ia puas.

Makam Sayyidina Hussain 


Negara Mesir terletak di Benua Afrika Utara, dekat dengan Sudan, Libya, Laut Merah, Jordania, Gaza, Syria, Yaman, U.A.E,  dan Saudi Arabia. Mesir memiliki sistem pertanian yang bagus, melanjutkan sistem pertanian yang dilakukan oleh Nabi Yusuf pada zaman beliau. Sungguh, Mesir itu terdiri dari penduduk nya yang suka tidur malam, kehidupan Mesir terdapat di Malam Hari bagi hampir seluruh rakyatnya. Dipagi hari Mesir sepi, Toko dan Swalayan buka agak siang, sekitar Jam 10-11 CLT. Semakin Malam, Orang orang Mesir semakin Ramai. Begitulah Mesir.

Penduduknya banyak berpakaian warna hitam, termasuk gadisnya. Meskipun ada juga yang berpakaian berwarna. Tapi yang jelas, warna hitam akan lebih sering terlihat dijalanan Mesir. Para Mufti cukup banyak disini, dan penduduk Mesir tentu saja berbahasa Arab. Di pasar, Jalanan, akan sering kita dengar Bahasa ‘Amiyah sedangkan Bahasa Fusha akan sering kita dengar dari para syekh dan para pendidik - terdidik lainnya. Apa beda bahasa ‘amiyah dan Fusha? Keduanya bahasa arab, hanya saja bahasa ‘amiyah hampir mirip dengan bahasa Amerika serikat, banyak Idiom atau singkatan singkatan yang sebenarnya berasal dari bahasa arab fusha. Namun disingkat oleh pengguna arab ‘amiyah..

Makanan orang mesir, Roti Aisy, Ful atau selai kacang, Tursyi artinya lalapan dengan rasa asem Asin yang terdiri dari wortel cabe zaitun dan lemon, salatoh atau sambal, Kusyari, Ruz bilbashol,  mereka tidak terlalu suka pedas, tetapi suka manis-manis dan Jus Buah. Mudah sekali mendapatkan Jus Buah di Mesir, dimana mana ada jual Jus. Alhamdulillah.

Para wanita Mesir memiliki fisik yang tangguh masyaAllah. Sebelum menulis ini, ketika Maghrib saya mendengar Wanita Mesir Mencongkel lalu mendobrak pintunya karna kuncinya ketinggalan didalam Rumah, sungguh tak semua Wanita bisa begitu, apalagi wanita Indonesia.

Rumah Masyarakat Mesir tergolong Unik, berkotak kotak dan bertingkat tingkat seperti Rumah Susun atau Rusun di Jakarta.. Dan, jangan heran jika banyak Sampah dimana mana hehehe, karna saya dulu terkaget dengan fenomena ini.  
  
Makam Sayyidina Hussain
Telah terjadi penurunan kualitas Umat Nabi Muhammad saw, dimana para Remaja Masyarakat Mesir berfoto foto dengan memakai tongkat untuk foto selfie bersama teman temannya dengan bibirberwarna yang dimaju mundurkan dan pakaian superketat, apakah karna kita terlalu mencintai dunia? Rabu, 2 Septembber 2015 di Makam Sayyidina Hussain. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar