Sabtu, 14 Desember 2013

Make a Promise

Make a Promise: Sumpah, bersumpah, berjanji.
Medan, 11 Desember 2013. Rabu.

Larangan bersumpah atas nama Allah dalam menahan diri berbuat kebaikan. Contoh: Demi Allah, aku bersumpah tidak akan mengunjungi rumah saudaraku fulan bin fulan.
Sebagaimana pernah pula ada yang datang kepada Aisyah ra menceritakan perihal keadaannya bahwa ia bersumpah tdk akan melakukan suatu kebaikan terhadap org lain dan jika ia melanggarnya ia akan memerdekakan budak budaknya, jg menjadikan harta bendanya mjdi sebuah pajangan di ka'bah. Hal ini dijawab oleh Aisyah ra bahwa tindakan dan sikap seperti ini telah dilarang oleh Allah swt sebagaimana tertulis di surah Al Baqarah 224, baca juga tafsir al azhar Prof.DR.Hamka jilid 1.

Hal ini juga dikarenakan bahwa nama nama Allah hanya pantas digunakan untuk hal hal yg baik bukan menjadi hambatan dlm melakukan kebaikan. Juga menghindari diri dari perbuatan menganggap mudah bersumpah atas nama Allah karena telah menjadi kebiasaan.

Sedikit dikit memakai nama Allah dalam berkata, bersumpah, meyakinkan manusia, mempertegas, mempertajam kata yg keluar. Hingga dikhawatirkan menimbulkan kesan bahwa mudah saja menyebut sumpah atas nama Allah. Untuk sumpah yang telah terucapkan/terniatkan diwajibkan bersegera membayar kaffarah atas sumpahnya itu.

Hindarilah berkata asal, sekehendak nafsu tanpa berfikir terlebih dulu. Karna dapat berakibat merugikan diri sendiri dan org lain, terutama org org yg kita sayangi.

Al qalam:10
Dan janganlah engkau patuhi setiap org yg suka bersumpah dan suka menghina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar