Kamis, 19 Desember 2013

Khotbah Jum'at

.♥ Memutuskan Khotbah karena sesuatu hal: Dari Abu Buraidah r.a:
"Ketika Rasulullah saw. Berkhotbah, tiba-tiba datanglah Hasan & Husein berpakaian gamis merah dan berjalan tertatih-tatih. Maka Rasulullah saw pun turun dari mimbar, lalu did9ukungnya kedua anak itu dan didudukkannya didepannya, lalu sabdanya: Sungguh benarlah Allah dan rasulNya: sesungguhnya harta benda dan anak anakmu itu jadi fitnah ujian. Tadi saya lihat kedua anak ini berjalan dan seperti akan jatuh, hingga saya tidak sabar lagi dan saya putuskan pembicaraanku, lalu keduanya saya naikkan ke sini." (Diriwayatkan oleh yg berlima)

♡ Haram berbicara sementara ada khotbah:
Dari ibnu Abbas r.a:
 "Barangsiapa yang berbicara pada hari jumat diwaktu imam berkhotbah, maka ia adalah seperti keledai yang memikul kitab, sedang siapa yang mengingatkan orang itu dengan kata-kata 'diamlah', maka tidak sempurnalah jumatnya."
(HR. Ahmad, Ibnu shaibah, bazzar dan Thabrani. Hafizh mengatakan dalam bulughul maram bahwa isnad hadist ini tidak ada cacatnya)

♥ Dari Abdullah bin 'Amar:
"Yang menghadiri jumat itu ada tiga golongan: A. Orang yang menghadirinya dan bercakap cakap. Maka sekedar bercakap cakap itulah hanya bagiannya dari jumat. B. Orang yang menghadirinya dan ia berdoa kepada Allah, maka berserahlah kepada Allah apakah akan dikabulkanNya ataukah tidak. C. Orang yang menghadirinya dengan diam dan mendengarkan serta tidak melangkahi pundak muslim, tidak pula mengganggu orang lain, maka shalat jumatnya itu menjadi penebus dosanya sampai jumat berikutnya dan ditambah tiga hari lagi, karena Allah 'azza wajalla telah berfirman: 'Barang siapa melakukan satu kebaikan, ia akan beroleh pahala sepuluh kalilipat'."
(HR. Ahmad & Abu Daud dengan isnad yang baik)

Dari Abu Hurairah ra:
 "Apabila engkau mengatakan kepada temanmu pada hari jumat sewaktu imam sedang berkhotbah: 'Diamlah', maka engkau telah melakukan hal yang sia-sia!"
 (Diriwayatkan oleh jamaah selain Ibnu Majah)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar