Minggu, 17 November 2013

Syaraf Tegang

Syaraf  Tegang

Memang mudah untuk marah. Lebih mudah berputus asa. Apalagi bermalasan. Semuanya mudah untuk menyakiti diri sendiri. Tinggal pilih, mau berapa pukulann mental yang ingin dan dibutuhkan untuk menyakiti diri agar tewas atau agar mau berfikir lebih baik dan bertindak lebih bijaksana.

Aku sendiri, memilih untuk bermalasan ketika bosan menyerang. Bukan karna tak ada yang bisa dilakukan. Tapi karna, bermalasan dan memanjakan tubuh sejenak dapat menyenangkan diri sendiri. Bisa dengan menelfon teman lama yang sudah lama tak berinteraksi dengannya, bisa dengan memijat tubuh dengan luluran, bisa dengan menikmati shalat dengan lebih khusuk, bisa dengan apa saja sesuai kebutuhan kecukupan kemampuan.

Lalu, saya kembangkan rasa bermalas-malasan tersebut dengan cara melakukan sesuatu yang saya tidak sukai atau tidak terlalu ingin saya lakukan.  Karena dengan begitu, otak tubuh otot saya akan berinteraksi lebih efektif, karna organ otak otot syaraf terstimulasi lebih baik hingga meningkatkan kreatifitas dan solusi solusi akan lebih mudah berdatangan karna terjadi peperangan juga perdamaian didalam tubuh, otak, jiwa. Konyol memang.

Fokus itu memang melelahkan, tapi keberhasilan adalah salah satu buah terindahnya. Selebihnya ada: kesuksesan, kebahagiaan dunia akhirat, rezeki yang melimpah, ilmu yang berkah karna bermanfaat, persaudaraan yang membahagiakan, hadiah hadiah tak terduga, dan bahkan hal yang tidak terlalu kita sukai: ketenaran. 

Yakin dan berteman dengan orang orang yang tepat. Karna dengan berteman bersama orang orang tepat yang sudah jauh lebih dewasa diatas kita menjadikan kita lebih baik. Mungkin salah satunya karna orang orang dewasa tersebut tau apa yang ingin dan tidak ingin mereka lakukan, tegas. atau karna mereka memang tidak mau membagi dan membuang energi dengan sia sia.

Maka, jika ingin terus dapat bertahan hidup dengan bahagia, bergeraklah. Apapun kemampuanmu.

Dan, perlu diketahui, syaraf tegang dapat dirasakan oleh siapa saja, baik itu orang dewasa maupun anak anak. Mereka dengan aktifitas cukup tinggi dapat terserang keadaan ini. Merepotkan memang, karna dapat mengganggu aktifitas bersyukur berfikir berbagi dan bahkan bisa membuat tidur tidak nyenyak yang berakhir badan tidak sehat karna sistem imun melemah. 

Syaraf tegang itu juga karna kita terlalu memaksakan sesuatu. Terlalu ambisius, untuk mengejar target. Tentunya menjadi lelah. Itu juga karna sempitnya hati dan keyakinan. Relaksasi dan wangi wangian dapat membantu menyegarkan tubuh dan fikiran lagi. Menyanyikan lagu dan ayat Quran juga dapat menjadi tips terbaik penanggulangannya. Apapun pilihannya, keputusan ada di anda.

Wudhu juga bisa menjadi tehnik relaksasi, meski hal ini sudah jarang saya lakukan termasuk di musim dingin musim hujan ketika aktifitas berfikir dan bergerak saya cukup tinggi tanpa diimbangi nutrisi yang sesuai dengan yg dibutuhkan tinggi sehingga membuat drop tubuh karna gak mendapatkan hak nya.

Membaca Alquran bisa membuat pernafasan, otot, syaraf menjadi berolahraga lancar sehingga aliran darah juga lancar. bersyukur juga dapat meningkatkan ketenangan. gak sempit hati. Karna kita gak fokus pada apa yang tidak ada, tapi fokus pada apa yang diberikan Allah saja. Sujud juga dapat mengalirkan darah ke otak sehingga membuat pernafasan dan tubuh rileks.

Mari saling membantu membersihkan hati supaya syarafmu ga tegang ya.
semuanya pasti ada Tehnik nya.
Semoga Bahagia dan lancar rezekinya ya!     

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar