Kamis, 11 April 2013

Take blution, Pray, Education.



2#  W u d h u
“Sesungguhnya Allah menyukai orang orang yang tobat dan menyukai orang orang yang menyucikan diri.” (Al baqarah 222)

Dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk menyucikan kamu dengan hujan itu.” (Al anfal:11)

Tatkala Nabi saw ditanya bagaimana hukumnya sumur buda’ah beliau berkata,
“airnya tidak dinajisi suatu apapun.” (HR. Tirmizi)

♪ Air itu tidak dinajisi sesuatu, kecuali apabila berubah rasa, warna, atau baunya.” (HR. Ibnu Majah dan Baihaqi)

♪ Apabila air cukup dua kulah, tidaklah dinajisi oleh suatu apa pun.” (Riwayat Lima ahli hadis)

♪ Dari Aisyah, Rasulullah saw berkata, Sesungguhnya ia telah memanaskan air pada cahaya matahari, maka Rasulullah saw. Berkata kepadanya, “Janganlah engkau berbuat demikian, ya aisyah. Sesungguhnya air yang dijemur itu dapat menimbulkan penyakit sopak.” (HR. Baihaqi)

♪ Telah dihalalkan bagi kita dua macam bangkai dan dua macam darah; ikan dan belalang, hati dan limpa.” (Riwayat Ibnu Majah)

♪ Sesungguhnya Rasulullah saw diberi dua biji batu dan sebuah tinja keras untuk dipakai istinja’. Beliau mengambil dua batu saja, sedangkan tinja, beliau kembalikan dan berkata, ‘Tinja ini najis.” (HR. Bukhari)

♪ Ketika orang Arab Badui buang air kecil didalam masjid, beliau bersabda, “Tuangilah olehmu tempat kencing itu dengan setimba air.” (HR. Bukhari dan Muslim)

♪ Dari Ali (khalifah keempat) ia berkata, “saya sering keluar mazi, sedangkan saya malu menanyakannya kepada Rasulullah saw. Maka saya suruh miqdad menanyakannya. Miqdad lalu bertanya kepada beliau. Jawab beliau, “Hendaklah ia basuh kemaluannya dan berwudu.” (HR. Muslim)

♪ Cara mencuci bejana seseorang dari kamu apabila dijilat anjing, hendaklah dibasuh tujuh kali, salah satunya hendaklah dicampur dengan tanah.” (HR. Muslim)

♪ Sesungguhnya Ummu Qais telah datang kepada Rasulullah saw beserta bayi laki lakinya yang belum makan makanan selain ASI. Sesampainya didepan Rasulullah, beliau dudukkan anak itu dipangkuan beliau, kemudian beliau dikencinginya, lalu beliau meminta air, lantas beliau percikkan air itu pada kencing kanak kanak tadi, tetapi beliau tidak membasuh kencing itu.’ (HR. Bukhari dan Muslim)

♪ Kencing kanak-kanak perempuan dibasuh dan kencing kanak kanak laki-laki diperciki.” (HR. Tirmizi)

♪ Beliau telah melewati dua buah kuburan, ketika itu beliau bersabda, “Kedua orang yang ada dalam kubur ini disiksa. Seorang disiksa karena mengadu domba orang, dan yang seorang lagi karena tidak mengistinja’ kencingnya.”
(Sepakat ahli hadis)

♪ Apabila salah seorang dari kamu beristinja’ dengan batu, hendaklah ganjil.” (HR. Bukhari dan Muslim)

♪ Sulaiman berkata, “Rasulullah saw. Telah melarang kita beristinja’ dengan batu kurang dari tiga.” (HR. Muslim)

♪ Berwudulah kamu dengan menyebut nama Allah (HR. Abu Dawud)

♪ Tiap tiap pekerjaan penting yang tidak dimulai dengan  bismillah, maka pekerjaan itu terputus (kurang berkah).” (HR. Abu Dawud)

♪ Dari Abdullah bin Zaid, Sesungguhnya Rasulullah saw telah mengusap kepalanya dengan kedua belah tangannya yang dibolak balikkannya, dimulainya dari sebelah atas kepala, kemudian disapukannya ke kuduknya, kemudian dikembalikannya ke tempat semula. (Riwayat Jamaah)

♪ Dari Aisyah ra ia berkata, Rasulullah saw suka mendahulukan anggota kanan ketika memakai sandal, bersisir, bersuci dan dalam segala halnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

♪ Dari Khalid, dari salah seorang istri Nabi saw, ‘Sesungguhnya Rasulullah saw telah melihat seorang laki laki salat, di atas tumitnya ada seluas dirham yang tidak kena air sewaktu ia berwudu, maka Rasulullah saw menyuruh orang itu mengulangi wudunya.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

♪ Dari Abu Hurairah ra, dari Nabi Saw. Beliau bersabda, “Kalau tidaklah akan menyusahkan umatku, pasti aku suruh mereka bersugi (menggosok gigi) pada tiap tiap wudhu.” (HR. Ahmad)

♪ Dari Abu Hurairah ra, dari Nabi saw. “Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa itu pada sisi Allah lebih harum daripada bau kasturi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

♪ Kedua mata itu tali yang mengikat pintu dubur. Apabila kedua mata tidur, terbukalah ikatan pintu itu. Maka barang siapa yang tidur, hendaklah ia berwudu.” (HR. Abu Dawud)

♪ Dari Ummi Habibah ia berkata, “Saya telah mendengar Rasulullah saw. Bersabda, ‘Barang siapa menyentuh kemaluannya, hendaklah berwudhu.” (HR. Ibnu Majah dan disahkan oleh Ahmad)

♪ Dari Busrah binti safwan. Sesungguhnya Nabi saw pernah berkata, laki laki yang menyentuh zakarnya (kemaluannya) janganlah salat sebelum ia berwudu.” (Riwayat lima orang ahli hadis. Kata Bukhari, hadis ini paling sah dalam hal ini.)

♪ Dari mugirah bin syu’bah Ia berkata, “saya lihat Rasulullah saw menyapu bagian luar kedua sepatu beliau.” (HR. Ahmad dan Tirmizi dan dikatakan hadis hasan)

♪ Dari Abu Bakrah, bahwasannya Rasulullah saw telah memberi kelonggaran bagi orang musafir tiga hari tiga malam dan bagi orang mukim (tetap) sehari semalam apabila ia suci, kemudian dipakainya kedua sepatunya. Ia boleh mengusap bagian atas kedua sepatunya dengan air. (HR. Ibnu Khuzaimah dan daruqutni)

♪ Dari Ummi Salamah. Sesungguhnya Ummi sulaim telah ebrtanya kepada Rasulullah saw. “Ya Rasulullah sesungguhnya Allah tidak malu memperkatakan yang hak. Apakah perempuan wajib mandi apabila bermimpi? Jawab beliau, “Ya (Wajib atasnya mandi), apabila ia melihat air (artinya keluar mani)” (Sepakat ahli hadis)

♪ Dari Khaulah, sesungguhnya ia telah bertanya kepada Nabi saw. Mengenai perempuan yang bermimpi seperti laki laki bermimpi. Jawab Nbi, “Ia tidak wajib mandi sehingga keluar maninya, sebagaimana laki laki tidak wajib mandi apabila tidak keluar mani.” (HR. Ahmad dan Nasai)

♪ Rasulullah saw bersabda, Beliau berkata kepada Fatimah binti Abi Hubaisy, “Apabila datang haid itu, hendaklah engkau tinggalkan shalat dan apabila habis haid itu, hendaklah engkau mandi dan shalat.” (HR. Bukhari)

♪ Dari Ibnu Umar. Ia berkata, “Rasulullah saw telah bersabda, ‘Apabila salah seorng hendak pergi shalat jumat, hendaklah ia mandi.” (HR. Muslim)

♪ Dari zaid bin sabit. Sesungguhnya Rasulullah saw membuka pakaian beliau ketika hendak ihram, dan beliau mandi. (HR. Tirmizi)

♪ Barang siapa memandikan mayat, hendaklah ia mandi; dan barang siapa membawa mayat, hendaklah ia berwudu.” (HR. Tirmizi dan dikatakan hadis hasan)

♪ Dari Qais bin Asim. Ketika ia masuk islam, Rasulullah saw menyuruhnya mandi dengan air dan daun bidara. (HR. lima ahli hadis selain Ibnu Majah)

♪ Dan Apabila kamu sakit, atau dalam perjalanan, atau kembali dari tempat buang air (kakus), atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah dengan tanah yang  baik (bersih); sapulah mukamu dan medua tanganmu dengan tanah itu.” (Al maidah: 6)

♪ Dari Jabir ia berkata, “kami telah keluar pada satu perjalanan kemudian seorang teman kami tertimpa batu sampai luka kepalanya, kemudian ia bermimpi, lantas ia bertanya kepada teman temannya, ‘Adakah kamu peroleh jalan yang memberi kelonggaran bagiku untuk tayamum?’ Mereka menjawab, ‘Kami tidak mengetahui jallan yang memberi kelonggaran bagimu, sedangkan engkau masih kuasa memakai air.’ Kemudian orang itu mandi, sehingga menyebabkan dia mati. Kemudian ketika kami sampai kepada Rasulullah saw. Diceritakanlah hal itu kepada beliau. Nabi berkata, ‘Mereka telah membunuhnya. Allah akan membunuh mereka. Mengapa merek tidak bertanya kala  tidak mengetahui? Sesungguhnya obat keraguan ialah bertanya. Sebenarnya ia cukup tayamum saja dan dibalut lukanya, kemudian di atas balutannya itu disapu dengan air, dan sekalian membasuh badannya yang lain.” (HR. Abu Dawud dan Daruqutni)

♪ Dari Amr bin As sewaktu ia diutus ke peperangan zatissalasil, ia berkata, “Pada suatu malam yang sangat dingin saya bermimpi. Saya takut akan berbahaya jika saya mandi, maka saya tayamum, kemudian shalat bersama teman teman, yaitu shalat subuh. Tatkala kami datang kepada Rasulullah saw., mereka ceritakan kejadian itu kepada beliau. Nabi berkata, “Ya Amr, engkau salat dengan teman temanmu, padahal engkau junub?” saya menjawab, “Saya sebutkan firman Allah (Janganlah kamu membunuh dirimu), maka karena ayat itu saya tayamum, kemudian saya shalat. Mendengar jawaban Amr itu Rasulullah saw. Tertawa, dan beliau tidak mengatakan apa pun sesudah itu.
(HR. Ahmad dan Abu Dawud)

♪ Sesungguhnya cukuplah bagimu apabila kaupukulkan kedua tapak tanganmu ke tanah, kemudian engkau hembus kedua tangan mu itu, lalu engkau usapkan kedua tanganmu itu ke muka dan tapak tanganmu.” (HR. Daruqutni)

♪ Dari Abu Zar. Rasulullah saw telah berkata, “Tanah itu cukup bagimu untuk bersuci walau engkau tidak mendapat air sampai sepuluh tahun. Tetapi apabila engkau memperoleh air, hendaklah engkau sentuhkan air itu kekulitmu.”
(HR. Tirmizi)

♪ Dari Ata bin yasar, dari Abu said Al-Khudri. Ia berkata, “Ada dua orang laki laki dalam perjalanan, lalu datang waktu shalat, sedangkan air tidak ada, lantas keduanya bertayamum dengan debu yang suci lalu shalat. Kemudian keduanya memperoleh air, dan waktu salat masih ada. Salah seorang diantara keduanya lantas berwudu dan mengulangi shalatnya, sedangkan yang lain tidak. Kemudian keduanya datang kepada Rasulullah saw., dan diterangkannyalah kejadian itu kepada Rasulullah saw. Beliau lalu berkata kepada orang yang tidak mengulangi salatnya. ‘Engkau telah mengerjakan sunnah, dan salatmu sah.’ Dan kepada orang yang mengulangi shalatnya dengan wudu beliau berkata pula, ‘Bagimu ganjarannya dua kali lipat.’”
(HR. Nasai dan Abu Dawud)

♪ Dari Aisyah. Sesungguhnya Fatimah binti Abi Hubaisy telah berdarah penyakit. Rasulullah saw berkata kepadanya, “Sesungguhnya darah haid itu berwarna hitam, dikenal oleh kaum perempuan. Maka apabila ada darah semacam itu, hendaklah engkau tinggalkan shalat; apabila keadaan darah tidak seperti itu, hendaklah engkau berwudu dan shalat.” (HR. Abu Dawud dan Nasai)

♪ Dari Aisyah, bahwa Ummu Habibah binti Jahsy telah bertanya kepada Rasulullah saw. Tentang hokum darah. Beliau berkata kepada Ummu Habibah, “Diamlah engkau selama masa haidmu yang biasa, kemudian hendaklah engkau mandi dan berwudu untuk tiap tiap shalat.’ (HR. Bukhari dan Muslim)

♪ Dari Hammah binti Jahsy. Ia berkata, “Saya pernah haid yang sangat banyak (lama), maka saya datang kepada Nabi saw. Untuk menanyakannya. Beliau berkata, ‘Sesungguhnya itu tipu daya (godaan) dari setan. Oleh karenanya jadikanlah haidmu enam atau tujuh hari, sesudah itu hendaklah engkau mandi. Apabila telah cukup bilangan hari haidmu (yaitu enam atau tujuh hari), hendaklah engkau shalat 24 atau 23 hari, lalu puasa dan shalatlah. Sesungguhnya yang demikian sah untukmu, dan juga hendaklah engkau lakukan tiap tiap bulan sebagaimana haid perempuan yang lain.” (HR. Bukhari dan Muslim)

♪ Sabda Rasulullah saw, Allah tidak menerima shalat salah seorang kamu apabila ia berhadas hingga  ia berwudhu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

♪ Sabda Rasulullah saw, Tawaf itu shalat. Hanya, Allah swt. Halalkan sewaktu tawaf bercakap cakap. Maka barang siapa berkata kata, hendaklah ia tidak berkata melainkan dengan perkataan yang baik.” (HR. Hakim)

♪ Sabda Rasulullah saw, Dari Abu Bakri bin Muhammad. Sesungguhnya Nabi besar saw telah berkirim surat kepada penduduk yaman. Dalam surat itu beliau menyebutkan kalimat: “Tidak boleh menyentuh Qur’an melainkan orang yang suci.” (HR. Daruqutni)

♪ Tidak boleh bagi orang junub dan orang haid membaca sesuatu dari Al Qur’an.” (HR. Tirmizi, Abu Dawud dan Ibnu Majah)

♪ Sabda Rasulullah saw, “Saya tidak menghalalkan masjid bagi orang yang sedang haid, dan tidak pula bagi orang yang sedang junub.” (HR. Abu Dawud)

♪ Sabda Rasulullah saw. Kepada beberapa perempuan, “Bukankah perempuan haid itu tidak shalat dan tidak puasa?” jawab perempuan perempuan yang hadir itu, “Ya, benar.” Kata Rasulullah, “Itulah kekurangan agama perempuan.” (HR. Bukhari)

♪ Dari Muazah ia berkata, “Saya telah bertanya kepada Aisyah ‘Bagaimanakah caranya orang haid mengqada puasanya, sedangkan shalatnya tidak?’ jawab Aisyah, “telah terjadi pada kami haid dimasa Rasulullahsaw., maka kami disuruh mengqada puasa dan kami tidak disuruh mengqada shalat.” (Riwayat jamaah ahli haids)

♪ Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, ‘Haid itu adalah kotoran.’ Oleh sebab itu, hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu ditempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang orang yang tobat dan menyukai orang orang yang menyucikan diri.” (Al baqarah;222)

♪ Tidur itu tidak sia sia, tetapi sesungguhnya yang sia sia ialah orang yang tidak shalat hingga masuk pula waktu shalat yang lain.” (HR. Muslim)

♪ Islam itu menghapuskan segala kejahatan yang telah ada sebelum islam (maksudnya yang dilakukan seorang sebelum islam)” (HR. M uslim)

♪ Beliau berkata kepada Hakim bin Huzam, “Engkau islam atas amal kebaikanmu yang telah lalu.” (HR. Muslim)

♪ Beliau berkata kepada fatimah binti Abi hubaisy, “Apabila datang haid, tinggalkanlah shlat.” (HR. Bukhari)

♪ “yang terlepas dari hokum ada tiga: kanak kanak hingga ia dewasa, orang tidur hingga ia bangun, orang gila hingga ia sembuh.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

♪ Suruhlah olehmu anak anak itu untuk salat apabila ia sudah berumur 7 tahun. Apabila ia sudah berumur 10 tahun hendaklah kamu pukul jika ia meninggalkan shalat.” (HR.Tirmidzi)

♪ Apabila seseorang tertidur dalam waktu shalat atau lupa dari shalat, hendaklah ia shalat apabila ingat. Sesungguhnya Allah ‘Azza wa jalla berfirman, ‘Kerjakanlah shalat karena ingat kepada-Ku.” (HR. Muslim)

♪ “Allah tidak menerima shalat diantara kamu apabila ia berhadas hingga ia berwudu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

♪ “Ketika orang Arab Badui kencing didalam masjid, Rasulullah saw berkata, ‘Tuangi olehmu kencing itu dengan setimba air.” (HR. Bukhari dan Muslim)

♪ “Katakanlah kepada perempuan perempuan yang beriman, supaya mereka memejamkan mata mereka dari yang tidak halal, dan hendaklah mereka menjaga kehormatan mereka, janganlah mereka memperlihatkan perhiasan mereka selain dari yang biasa nyata kelihatan (sukar menutupnya), dan hendaklah mereka tutupkan kerudung 9telekung) mereka ke kuduk dan dada mereka, dan janganlah mereka memperlihatkan perhiasan mereka kecuali kepada suami mereka, bapak mereka, mertua mereka, anak saudara mereka yang laki laki atau perempuan, perempuan muslim, hamba yang mereka miliki, atau orang yang mengikutinya (pelayan) laki laki yang tidak mempunyai syahwat (nafsu) kepada perempuan, atau kepada anak anak yang belum bernafsu melihat aurat perempuan.” (An nur; 31)

♪ “Dari Aisyah . bahwa Nabi saw telah berkata, “ Allah tidak menerima shalat perempuan yang telah baligh (dewasa) melainkan dengan bertelekung (kerudung)/” (Riwayat lima hadis selain nasai)

♪ Dari Ummu salamah sesungguhnya ia telah bertanya kepada nabi saw “bolehkah perempuan shalat hanya memakai baju kurung dan kerudung (telekung) saja, tidak memakai kain? Jawab nabi saw, boleh kalau baju kurung itu panjang sampai menutupi kedua tumitnya.” (HR. Abu Dawud)

♪ Nabi saw berkata kepada khallad bin rafi’ “Apabila engkau hendak shalat, sempurnakanlah wudumu, kemudian menghadaplah ke kiblat.” (HR. Muslim)

♪ Jika kamu dalam keadaan takut (bahaya), maka shalatlah sambil berjalan atau berkendaraan.” (Al baqarah;239)

♪ Dari Jabir Rasulullah saw shalat diatas kendaraan menuruti arah kendaraannya. Maka apabila beliau hendak shalat fardu, beliau turun dari kendaraan, lantas beliau menghadap ke kiblat. (HR. Bukhari)

♪ Rasulullah saw apabila hendal shalat sunat dia tas kendaraan beliau menghadap ke kiblat, lalu takbiratul ihram, kemudian beliau shalat menghadap ke tujuan kendaraan beliau. (HR. Abu Dawud)

♪ Dari Amr bin Rabi’ah, “Kami bersama sama Rasulullah saw pada malam gelap gulita, kami tidak mengetahui dimana kiblat. Kami shalat menurut pendapat masing masing. Setelah waktu subuh kami beritahukan hal itu kepada nabi saw, maka ketika itu turunlah ayat (kemana saja kamu menghadap, maka disitulah arah yang disukai Allah).” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

♪ Sesungguhnya segala amal itu hendaklah dengan niat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

♪ Amran bin Husban berkata, saya berpenyakit bawasir, maka saya bertanya kepada nabi saw tentang shalat beliau berkata “Shalatlah sambil berdiri; kalau tidak kuasa, shalatlah sambil duduk kalau tidak kuasa duduk, salat sambil berbaring’ (HR. Bukhari )

♪ “Barang siapa shalat sambil berdiri, mendapat ganjaran yang sempurna, barang siapa shalat sambil duduk, mendapat seperdua ganjaran orang yang shalat sambil berdiri; barang siapa shalat sambil berbaring, mendapat ganjaran seperdua dari orang yang shalat sambil duduk.” (HR. Bukhari)

♪ “Tidak sah shalat bagi orang yang tidak membaca surat al fatihah.” (HR. Bukhari)

♪ “Kemudian sujudlah engkau hingga diam sebentar untuk sujud, kemudian bangkitlah engkau hingga diam untuk duduk, kemudian sujudlah engkau hingga diam untuk sujud.” (HR. Bukhari dan Muslim)

♪ “Saya disuruh supaya sujud dengan tujuh tulang, yaitu dahi, dua tapak tangan, dua lutut, dan ujung kedua kaki.” (HR. Bukhari dan Muslim0

♪ Rasulullah saw memberi salam hanya sekali pada shalat witir. (HR. Ibnu Hibban)

♪ Dari ibnu umar ia berkata, “Apabila nabi saw hendak melakuka shalat, beliau mengangkat kedua tangannya sehingga keduanya sama tinggi dengan kedua belah bahunya, kemudian baru beliau takbir. Apabila hendak rukuk, beliau mengangkat kedua tangannya seperti demikian; dan apabila bangun dari rukuk, beliau angkat pula kedua tangannya seperti demikian.” (HR. Bukhari dan Muslim)

♪ Dari wail bin Hujrin, “Saya telah shalat beserta Rasulullah saw. Beliau meletakkan tangan kanan beliau di atas tangan kirinya di atas dada beliau.” (HR. Ibnu Khuzaimah)

♪ “Apabila imam berkata walad-dallin, hendaklah kamu berkata amin. Maka sesungguhnya malaikat berkata amin pula, dan imam juga berkata amin. Maka barang siapa yang sama sama amin-nya dengan amin malaikat, diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Ahmad dan Nasai)

♪ Dari sa’id bin abi waqas ia berkata, “saya lihat nabi saw memberi salam kekanan dan kekiri sehingga kelihatan putih pipi beliau.” (HR. Muslim)

♪ Dari anas ia berkata, “Rasulullah saw senantiasa membaca qunut pada shalat subuh hingga sampai saat beliau meninggal dunia.” (HR. Imam Ahmad)

♪ Doa Qunut:
Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang orang yang telah Engkau beri petunjuk, berilah aku kesehatan seperti orang orang yang telau Engkau beri kesehatan, lindungilah aku seperti orang orang yang telah mendapat perlindungan-Mu, berilah berkah pada barang yang telah Engkau berikan kepadaku, jauhkanlah aku dari kejahatan yang telah Engkau pastikan, karena sesungguhnya hanya Engkaulah yang dapat memastikan sesuatu dant ak ada lagi yang berkuasa diatas Engkau, dan sesungguhnya tidak akan terhina orang yang mendapat perlindungan-Mu, dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Ya Allah, bertambah tambah kebaikan-Mu dan hilanglah segala yang tidak layak bagi-Mu.” (HR. Abu Dawud, tirmizi dan nasai)

♪ Rasulullah saw berkata kepada Mu’awiyyah bin hakam, “Sesungguhnya shalat itu tidak pantas disertai dengan percakapan manusia. Yang layak dalam shalat ialah tasbih, takbir dan membaca Qur’an.” (HR. Muslim dan Ahmad)

♪ Dari sahl bin sa’di, dari Nabi saw, “Barang siapa yang terpaksa untuk memberitahukan suatu kejadian dalam shalat, hendaklah ia membaca tasbih*, dan hanya bertepuk tangan untuk perempuan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

♪ Dari Ibnu Umar, “Sesungguhnya Nabi saw telah membaca sesuatu ketika shalat, tetapi beliau ragu ragu pada bacaan itu. Setelah shalat beliau berkata kepada Umar, ‘Adakah engkau ikut shalat tadi bersama dengan kami? Jawab umar, ‘ya, saya ikut.’ Rasulullah sae berkata, ‘Mengapa tidak engkau tunjuki saya dalam bacaan tadi?’ (HR. Abu Dawud)

♪ Dari Ibnu Mas’ud, bahwa Rasulullah saw telah bersabda, “Sesungguhnya dalam shalat itu sudah ada pekerjaan yang tertentu (tidak layak ada pekerjaan lain).” (HR. Bukhari dan Muslim)

♪ Rasulullah saw menyuruh membunuh kalajengking dan ular ketika shalat. (HR. Abu Dawud dan Tirmizi)

♪ Sujud Sahwi
Dari Abu sa’id al khudri nabi saw berkata, “Apabila salah seorang dari kamu ragu dalam shalat, apakah ia sudah mengerjakan tiga atau empat, maka hendaklah dihilangkannya keraguan itu, dan diteruskan shalatnya menurut yang diyakini, kemudian hendaklah sujud dua kali sebelum salam.” (HR. Ahmad dan Muslim)

♪ Sujud Tilawah*
Dari Abu Hurairah bahwa nabi saw telah berkata, “Apabila manusia membaca ayat sajdah, kemudian ia sujud, menghindarlah setan dan ia menangis seraya berkata, ‘Hai celaka! Anak adam manusia disuruh sujud, lantas ia sujud, maka baginya surga dan saya disuruh sujud juga, tetapi saya enggan (tidak mau), maka bagi saya neraka’.” (HR. Muslim)

♪ Dari Ibnu Umar, “Sesungguhnya nabi saw pernah membaca Quran didepan kami, Ketika bacaannya sampai pada ayat sajdah, beliau takbir, lalu sujud, maka kami pun sujud bersama sama beliau.” (HR. Tirmizi)

♪ Bacaan sujud tilawah
Aku sujud kepada Tuhan yang menjadikan diriku, Tuhan yang membukakan pendengaran dan penglihatan dengan kekuasaanNya. (HR. Tirmizi)

♪ Sujud syukur*
Dari Abu Bakrah, “Sesungguhnya  apabila datang kepada Nabi saw sesuatu yang menggembirakan atau kabar suka, beliau langsung sujud berterima kasih kepada Allah.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

2# Sociality
2# Education
Pendidikan ibadah
 “Suruhlah anak-anakmu mengerjakan sholat pada umur 7 tahun dan pukullah mereka agar mau mengerjakan sholat pada umur 10 tahun” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Keutamaan mendidik anak
Dari Abi Rafi, dia berkata, Aku bertanya kepada Rasulullah, wahai Rasulullah apakah orang tua memiliki hak atas kami, sebagaimana hak kami atas mereka? Beliau menjawab, ‘Hak orangtua atas anaknya adalah mengajarkan anaknya menulis, berenang, memanah dan meninggalkan warisan yang baik.”
(Sunan Al Baihaqi)

Dari Amr bin syuaib dari ayahnya, dari kakeknya, dia berkata, Rasulullah saw bersabda, ajarkan anak anak kalian shalat pada saat mereka berusia 7 tahun. Dan pukullak mereka (jika tidak menurut) ketika telah menginjak usia 10 tahun lalu pisahkan mereka dari ranjang (kalian) (Sunan Abu Dawud)

Pendidikan Akhlaq
“Tidak ada yang lebih berat dalam timbangan (amal seseorang) daripada budi-pekerti yang baik” (HR. Abu daud dan At tirmidzi)

Pendidikan ketrampilan
 “Tidak ada makanan yang lebih baik bagi seseorang daripada makanan yang dihasilkan oleh karyanya sendiri; Daud juga makan dari hasil sendiri” (HR. Bukhari dan Ahmad)

Pendidikan jasmani dan kesehatan
 “orang mu`min yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mu`min yang lemah “ (Muslim dan Abi Hurairah)
….
علّموا أبناءكم السباحة و الرماية
"ajarkanlah berenang dan bermain panah kepada anak-anakmu laki-laki….”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar