Rabu, 10 April 2013

Asma (Asthma)

Asma merupakan penyakit yg berhubungan dengan saluran pernapasan, yaitu paru paru. Contoh penyakit yg berhubungan dengan gangguan pernapasan lainnya adalah: Kanker, TBC, Sinnusitis, tumor, asma, eksim, rematik, demam berdarah, malaria, usus buntu, prostat, dll. menjaga paru-paru tetap sehat, melalui pola makan sehat dapat membantu mengurangi risiko penyakit terkait paru-paru.

Buah-buahan dan sayuran berpotensi menjadi pelindung terhadap perkembangan penyakit paru-paru obstruktif kronik.Fakta, satu sendok makan sayuran/hari, atau satu potongan buah per hari, dapat membantu mengurangi risiko perkembangan penyakit tersebut.

Pantangan bagi penderita asthma dan penderita kerusakan paru paru adalah makanan pahit, pedas, kopi, kambing, ayam dan juga cabe.Hindari perasaan kesal, jengkel dan sedih. Bagi yg beragama islam, dapat mengendalikan rasa kesal dengan bershalawat, berwudhu, atau bersenandung dan menghela nafas. Breath in breath out. Pernafasan dengan system 5-5-5 juga membantu penderita paru paru untuk memperbaiki keadaan paru parunya agar lebih baik. Yaitu, menarik nafas 5 detik, menahan 5 detik dan mengeluarkanya perlahan dengan hitungan 5 detik. akan lebih baik jika dapat melakukannya dialam terbuka yg masih terjaga dari polusi udara, seperti lingkungan pedesaan.

Disarankan juga untuk melakukan senam pernafasan selama 15 menit di pagi dan petang dalam sehari. Bisa juga sambil berjemur 5 menit untuk menghangatkan paru paru.

Apel dan tomat memiliki potentsi terbesar untuk melindungi paru-paru dari polutan asap tembakau dan racun udara lainnya. Kedua “superfood” ini mengandung antioksidan dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi paru-paru & membantu penderita asma bernapas lebih mudah.

Selain itu juga harus mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran kaya nutrisi minimal lima porsi sehari. Akan membantu mendapatkan kesehatan paru-paru secara khusus dan kesehatan tubuh secara umum.

 ikan segar (terutama sushi) cenderung memiliki paru-paru yang sehat. Produk  kedelai seperti tahu, tempe, dan susu kedelai, diakui bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan paru-paru. Mulailah untuk mencintai makanan Indonesia, produksi dalam negri.

Konsumsi Vitamin

Calcitriol, bentuk vitamin D-3 yang disintesis dalam tubuh merupakan  anti inflamasi yang dapat melindungi fungsi paru-paru. Vitamin A membantu menyembuhkan gangguan paru-paru, konsumsi wortel merupakan sumber terbaik vitamin A.

Suplementasi Vitamin C dan E jika Anda sulit mendapatkan lima porsi buah dan sayuran dalam sehari. Fakta bahwa nutrisi dan vitamin dapat meningkatkan kesehatan paru-paru memang tidak dapat disangkal. Tapi Anda juga berperan untuk kesehatan paru-paru, hal terbaik yang dapat Anda adalah dengan menghindari kebiasaan merokok. Gunakan juga masker di tempat tertentu yang memiliki kadar debu tinggi. Hirup udara segar setiap hari.

Nikotin yg ada didalam rokok, memicu hipertensi dan kerusakan paru paru.

Meskipun seseorang sudah memutuskan berhenti merokok, efek dari nikotin yg telah mengendap bertahun tahun tidak dapat hilang begitu saja, tanpa usaha pembersihan paru paru, sayuran berwarna hijau gelap dapat membantu membuang nikotin dalam tubuh; yaitu paprika, kembang kol, kacang almond, kacang pinus, bayam, zaitun, talas, jambu dan brokoli adalah makanan yg kaya vitamin C,E dan A.

orang yang kurang asupan vitamin A atau karoten setiap hari memiliki tingkat lebih tinggi dari kanker paru-paru setelah 10 tahun. vitamin A dapat mempertahankan integritas inti, dan memastikan jaringan normal metabolisme epitel dan mempercepat DNA nuklir perbaikan, juga dapat memblokir proses sel kanker dan menghambat kanker. Jangka panjang kekurangan vitamin A, dapat menyebabkan metaplasia skuamosa dari epitel pernapasan, kemudian mengakibatkan kanker paru-paru.

Vitamin A terutama ada di jaringan hewan. Ada banyak adalah vitamin A dalam kuning telur, susu, mentega, minyak ikan hati, hati hewan, dll. Namun, kita harus berhati-hati untuk tidak lebih dari-konsumsi untuk makanan ini tinggi kolesterol dan tinggi kalori.

Tomat, ubi jalar, wortel, labu, jeruk, mangga, spinaches, paprika hijau, dll juga kaya karoten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh. Kita bisa makan sayur-sayuran dan buah-buahan, yang tidak hanya bermanfaat bagi pencegahan kanker paru-paru, tetapi juga memiliki efek pencegahan tertentu terhadap hipertensi, diabetes, koroner penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Omega 3 yg ada di ikan sarden sangat baik untuk membersihkan paru paru.

Kedelai, makanan jenis ini mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai anti-peradangan pada paru-paru serta dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang menyebabkan kanker bagi para perokok.

Antioksidan, antioksidan bisa membantu memperbaiki dan melindungi paru-paru, dan berfungsi sebagai sumber nutrisi dan pelindung paru-paru selain itu terbukti bisa menurunkan risiko kanker paru-paru.

Kelembaban, mulailah dengan berhenti mengkonsumsi makanan yang memproduksi mucus seperti produk-produk susu (khususnya es krim), makanan dingin dan mentah, makanan manis yang mengandung pemanis buatan atau tepung olahan, serta minuman ringan.  Jadi, menjaga kesehatan paru paru, tidak hanya dengan menjaga kesehatan lingkungan hidup disekitar kita, seperti memperhatikan kelembaban dll, tapi juga menjaga kelembaban didalam paru paru kita, dengan tidak meminum minuman yg terlampau dingin dll.

Dengan Cara sederhana tersebut setidaknya bisa menjaga kesehatan organ terpenting anda. Cobalah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan segan untuk mengingatkan orang disekitar kita, karna kesehatan indonesia tidak dapat dicapai dengan melakukan pencegahan bagi diri sendiri, tapi ju

Untuk obat herbal yg bisa diberikan bagi pencegahan penyakit berkaitan dengan paru paru ini adalah,

A2 3 X Sehari, 1 sachet.

B1 3 X Sehari, 3sdm

B5 3 X Sehari, 3sdm

B6 3 X Sehari, 1 kapsul

B7 3 X Sehari, 1 kapsul.

B7 merupakan obat tradisional yg digunakan pada penderita kanker dan sangat baik untuk semua jenis infeksi karna mengandung temu putih.

B6 Merupakan produk yg diformulasikan dari daun murbei, ginseng dan ganoderma yg berkhasiat untuk membantu menjaga meningkatkan kesehatan tanpa efek samping. Meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi kadar gula daram darah (diabetes), asam urat, insomnia, gangguan narkoba, gangguan prostat, menjaga stamina, detoksifikasi (anti racun), dll.

B5 merupakan ramuan kunyit putih berupa jus ditambah madu asli agar tidak membuat tubuh panas (panas dalam) serta membuat rasanya menjadi enak. Sangat baik untuk membantu kesehatan paru paru, diantaranya, asma, TBC, Sinusitis, tumor, kanker, rematik, eksim, usus buntu, demam berdarah, dll. Pantangan makanan yg bersifat pahit.

B1 berguna utk membantu menyembuhkan batuk, demam dan batuk yg sudah kronis. Baik digunakan sebagai pengganti obat batuk, karna mengandung antibiotic alami yg tidak membahayakan tubuh.

A2 merupakan the murbei (murtea) tidak mengandung tehine atau racun the. Berfungsi membantu membuang racun dalam tubuh kita (detoksifikasi). Baik untuk kesehatan ginjal, panyakit yg mungkin timbul akibat ganguan ginjal adalah sakit kepala, insomnia, darah kotor, kencing manis, keputihan, keracunan obat/makanan, akibat narkoba, asam urat, kolestrol, keropos tulang/osteoporosis, dll.

Akan sangat baik jika dapat mengkonsumsi 5 jenis obat herbal ini bagi penderita asthma selama kurang lebih 2-3 bulan penyembuhan. Tapi, jika memiliki hambatan keuangan, bisa disiasati dengan mengkonsumsi B5 dan A2 saja selama 3 bulan secara terus menerus untuk pemulihan. insyaAllah dapat segera sembuh atas izinAllah. Dan yg terpenting, memperhatikan kesehatan lingkungan sekitar, seperti kebersihan kamar, rumah, udara disekitar rumah, kamar, ventilasi dan sirkulasi ruangan, kelembaban kamar, makanan yg dikonsumsi, juga pola hidup yg sehat, didukung dengan berolahraga. Sehat itu penting, karna didalam badan yg sehat terdapat produktifitas yg tinggi. Dengan begitu, kita dapat beribadah lebih maksimal lagi dengan membaca Quran dan menerapkan hadist secara teratur.

Saya ingin mengajak Indonesia bersama sama untuk menjaga hidup lebih sehat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar